Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan
aplikasi kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan
untuk mengetahui berapa persen pengaruh model pembelajaran problem based
learning dengan berbantuan aplikasi kahoot terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksprimen semu (quasi
expremental) dengan desain one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 9 Klambir lima. Sedangkan sampel
pada penelitian ini adalah kelas VIII-3 yang berjumlah 26 siswa dengan
melibatkan dua kali pengukuran yaitu pretest sebelum diberikan perlakuan dan
posttest setelah diberikan perlakuan model pembelajaran problem based learning
dengan berbantuan aplikasi kahoot. Instrumen penelitian ini menggunakan soal
pilihan berganda tentang materi lingkaran yang berjumlah 15 setelah divalidkan.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis. Dari
hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung (3,5742) setelah
dibandingkan dengan ttabel (2,0086), ternyata thitung (3,5742) > ttabel (2,0086)
sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning dengan berbantuan aplikasi kahoot terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa dan terdapat 93,36% pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan aplikasi kahoot
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.