Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23092
Title: Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Al-Washliyah 30 Medan
Authors: Saribu, Nur Asiah Dolok
Keywords: Metode Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC), Kemampuan Pemecahan Masalah
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII-2 SMP Al-Washliyah 30 Medan T.A 2023/2024. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Al-Washliyah 30 Medan T.A 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Al-Washliyah 30 Medan T.A 2023/2024 yang terdiri dari 32 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Inside Outside Circle (IOC). Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) pada meteri SPLDV. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada aspek memahami masalah. Pada siklus I terdapat 6 orang siswa yang tuntas (18,75%) dan 26 orang siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II terdapat 28 orang siswa yang (87,5%) dan 4 orang siswa yang tidak tuntas (12,5%). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Al-Washliyah 30 Medan mengalami peningkatkan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23092
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NUR ASIAH DOLOK SARIBU (190030012)2.pdf5.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.