Abstract:
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode
pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII-2 SMP Al-Washliyah 30
Medan T.A 2023/2024. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti
adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Inside Outside
Circle (IOC) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika
pada siswa SMP Al-Washliyah 30 Medan T.A 2023/2024. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Al-Washliyah 30 Medan T.A
2023/2024 yang terdiri dari 32 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah
penerapan metode pembelajaran Inside Outside Circle (IOC). Teknik
pengumpulan data adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat
berlangsungnya pembelajaran matematika. Aktivitas siswa selama proses
pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Inside Outside Circle
(IOC) pada meteri SPLDV. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada aspek
memahami masalah. Pada siklus I terdapat 6 orang siswa yang tuntas (18,75%)
dan 26 orang siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II terdapat 28 orang
siswa yang (87,5%) dan 4 orang siswa yang tidak tuntas (12,5%). Dengan
demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Inside
Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa SMP Al-Washliyah 30 Medan mengalami peningkatkan.