Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23065
Title: Pengembangan Video Animasi Berbasis Kebudayaan Setempat di Kelas V Sdn 365 Patiluban Mudik
Authors: Nasution, Risky Andrian
Keywords: Video Animasi, Berbasis Kebudayaan Setempat
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis kebudayaan setempat di kelas V SD Negeri 365 Patiluban Mudik, mengetahui kevalidan media serta kepraktisan yang diketahui respon dari guru dan siswa dengan adanya media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan menurut model Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilalui dalam penelitian ini, antara lain : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini ialah media video animasi yang dikembangkan berbasis kebudayaan setempat di kelas V Sd Negeri 365 Patiluan Mudik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media video animasi yang dikembangkan menggunakan model Borg and Gall dinyatakan valid. Tingkat kevalidan media pembelajaran video animasi berbasis kebudayaan berdasarkan penelitian, antara lain : 1) ahli media memperoleh presentase 93,3 % dengan kategori “sangat valid”, 2) ahli bahasa memperoleh presenase 96,9 % dengan kategori “sangat valid”, 3) ahli materi memperoleh presentase 93,3% dengan kategori “sangat valid”. Penilaian kepraktisan media dari guru memperoleh 95% dengan kategori “sangat praktis” serta siswa yang didapatkan dari uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 92 % dengan kategori “sangat praktis”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23065
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RISKY ANDRIAN NASUTION-1-1.pdf4.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.