Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2304
Title: Meningkatkan Perilaku Asertif Dengan Pendekatan Realita Melalui Layanan Konseling Kelompok Siswa Kelas VIII B Dismp Muhammadiyah 48 Medan
Authors: Irawani, Nurul Intan
Keywords: Perilaku asertif;Layanan konseling kelompok;Pendekatan Realita
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan perilaku asertif dengan pendekatan realita melalui layanan konseling kelompok siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 48 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan asertif dengan pendekatan realita melalui layanan konseling kelompok siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 48 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. objek penelitian ini berjumlah 8 orang yang ditentukan melalui teknik porposive sampling, terdiri dari 5 orang yang tidak dapat berperilaku asertif dan 3 orang yang cukup dapat berperilaku asertif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui angket dan observasi. Analisis data dilakukan dengan cara menganalisis skor angket dan lembar observasi yang digunakan selama proses konseling kelompok berlangsung. Setelah tindakan siklus I hasilnya masih minim perilaku asertif siswa yang dijadikan sample,Setelah tindakan siklus II peningkatan juga terjadi menjadi 100%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian layanan konseling kelompok dapat “Meningkatkan Perilaku Asertif Dengan Pendekatan Realita Melalui Layanan Konseling Kelompok Siswa Kelas VIII B Di SMP Muhammadiyah 48 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018” dapat diterima dan perilaku asertif siswa yang mendapatkan layanan konseling kelompok lebih tinggi dari pada sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2304
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.