Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2295
Title: Mengembangkan Etika Berkomunikasi Siswa Dengan Teknik Modelling Symbolic Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan
Authors: Zehan, Sri Syah
Keywords: Etika berkomunikasi;Layanan bimbingan kelompok;Teknik modelling symbolic
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah etika komunikasi dapat di kembangkan dengan menggunakan teknik modelling symbolic melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan etika berkomunikasi dengan pemberian teknik modelling symbolic melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini berjumlah 10 orang siswa yang di tentukan melalui pengumpulan data hasil observasi angket, terdiri dari 7 orang yang memiliki etika berkomunikasi rendah dan 3 orang yang memiliki etika berkomunikasi tinggi. Penggunaan teknik analisis data Deskripsi Kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui angket. Analisis data dilakukan dengan cara menganalisis skor angket. Sebelum diberikan layanan50% dan setelah diberikan 75%layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik modelling symbolic melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengembangkan etika berkomunikasi siswa, sehingga hipotesis yang berbunyi “Mengembangkan Etika Berkomunikasi Siswa Dengan Teknik Modelling Symbolic Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan TahunPembelajaran 2017/2018” dapat diterima, maka peneliti menyarankan guru bimbingan konseling dapat menggunakan teknik modelling symbolic melalui layanan bimbingan kelompok sebagai alternative yang tepat dalam menangani permasalahan siswa khususnya mengembangkan etika berkomunikasi pada siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2295
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.