Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22907
Title: | STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI RA AL – MUSTHAFAWIYAH KECAMATAN MEDAN TEMBUNG |
Authors: | Yusniar |
Keywords: | Strategi;Keterampilan Berbicara;Metode Bermain Peran |
Issue Date: | 21-Sep-2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode bermain peran di RA Al-Musthafawiyah Kecamatan Medan Tembung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan model analisis data Interaktif Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan keterampilan anak dengan menggunakan metode bermain peran dapat berjalan dengan baik, hanya saja terjadi kendala dibeberapa anak yang belum mahir dalam mengembangkan keterampilan berbicaranya. Adapun strategi yang dilakukan guru ialah terlebih dahulu menyusun perencanaan pembelajaran seperti menyusun Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Hal ini dilakukan agar dapat tercapainya suatu tujuan tertentu yang dilakukan dengan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin sesuai dengan tujuan yang dicapai. Selain itu, guru juga menggunakan strategi pendukung lainnya yaitu melakukan kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap hari. Adapun penyebab yang membuat keterampilan berbicara anak belum berkembang secara optimal ialah kurangnya komunikasi anak dengan orangtua, anak merasa tidak percaya diri ketika sedang berbicara dengan orang lain, faktor lingkungan yang menjadi penghambat berbicara anak, kurangnya stimulasi pada anak, anak lebih suka menyendiri, anak takut dalam menyebutkan kosa kata baru. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22907 |
Appears in Collections: | Early Childhood Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
REVISI SKRIPSI YUSNIAR.pdf | Full Text | 5.19 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.