Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22902
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ ANSWER DISCUSS EXPLAIN CREATE (RADEC) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 115489 BANDAR SELAMAT
Authors: KHOFIFAH, VIVI
Keywords: Model Pembelajaran Radec;Kemampuan Berpikir Kriti
Issue Date: 25-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kemampuan berpikir kritisnya masih rendah .Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Read Answer Discuse Explain Create (RADEC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SD Negeri 115489 Bandar Selamat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Radec berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada analisis uji t (independent t-test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran Radec terhadap numerasi literasi siswa kelas IV SD Negeri 115489 Bandar Selamat. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran radec yaitu 80,4. Sedangkan sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran Radec rata-rata (mean) yaitu 60,8. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Radec memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran Radec
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22902
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NGELUX VIVI LENGKAP-1.pdfFull Text4.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.