Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2288
Title: Pendekatan Konseling Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kebiasaan Ngelem Pada Siswa Kelas IX SMP HARAPAN MEKAR
Authors: Furi, Widya
Keywords: Pendekatan Konseling Behavior Therapy;Mengurangi Kebiasaan Ngelem
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pendekatan Konseling Behavior Therapy dengan Layanan Konseling Individual untuk mengurangi kebiasaan ngelem Pada Siswa Kelas IX SMP HARAPAN MEKAR Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengembangkan Pendekatan Konseling Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kebiasaan Mengelem Pada Siswa Kelas IX SMP HARAPAN MEKAR Tahun Ajaran 2017/2018. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXyang berjumlah 4 orang siswa yang memiliki kebiasaan ngelem. Insrument yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Observasi untuk melihat bagaimna sikap siswa tersebut terhadap guru dan teman-temannya dan apa yang mendasari mereka memiliki kebiasaan ngelem. Instrumen diberikan sebelum dan setelah pemberian layanan konseling individual. Wawancara untuk melihat sejauh mana guru bimbingan konseling memberikan layanan konseling individual sesuai kebutuhan siswa. Pendekatan Konseling Behavior Therapy dengan menggunakan Pemberian Layanan Konseling Individual untuk mengurangi kebiasaan ngelem pada siswa awalnya mengobservasi siswa terlebih dahulu setelah itu melakukan wawancara kepada siswa, guru dan wali kelasnya untuk mendapatkan data-data yang diperlukan. Pemberin Layanan Konseling Individual diberikan sebanyak 2 kali kepada siswa. Dari hasil Pemberian Layanan Konseling Individu dan Wawancara tersebut terdapat perubahan yang dialami siswa yaitu mengurangi kebiasaan ngelemnya dan dapat lebih sopan kepada orangtua, guru dan teman-temannya. Maka Pendekatan Konseling Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kebiasaan Mengelem Pada Siswa Kelas IX SMP HARAPAN MEKAR dapat diterima.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2288
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.