Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22854
Title: KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMP NEGERI 3 BABALAN PANGKALAN BRANDAN
Authors: ARLITA, FIMANDA
Keywords: Kepemimpinan;Kepemimpinan Partisipatif;Kompetensi Guru.
Issue Date: 22-Sep-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 3 Babalan. Terdapat 4 kompetensi guru yaitu kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Dimana peneliti langsung terjun kelapangan dengan menggunakan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 35 orang, dimana Kepala sekolah, seluruh guru SMP Negeri 3 Babalan dan pegawai tata usaha yang berjumlah 34 orang. Dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menjalankan kepemimpinan partisipatif. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis penelitian melalui jawaban responden yang menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan kepemimpinan partisipatif dengan indikator bahwa kepala sekolah telah mengembangkan suasana keakraban kepada semua warga sekolah, selalu memberikan kesempatan kepada guru untuk menyampaikan pendapat, selalu mendengar dan merespon segenap kesukaran guru, selalu memperhatikan kondisi pembelajaran di sekolah, selalu memberi penghargaan kepada guru agar selalu bersemangat dalam bekerja, selalu melibatkan guru dalam membuat suatu kebijakan sekolah, memberikan kesempatan kepada guru untuk berpartisipasi dalam mencapai tujuan sekolah dan mampu meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 3 Babalan. Dengan kepemimpinan partisipatif yang dijalankan kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru antara lain (1) kompetensi profesional, yaitu guru memahami tugas pokok dan fungsi guru. (2) kompetensi pedagogik, yaitu guru mampu melaksanakan berbagai strategi dan cara pengelolaan kelas. (3) kompetensi sosial, yaitu guru menciptakan suasana keakraban dengan siswa. (4) kompetensi kepribadian, yaitu guru memberikan contoh teladan yang baik kepada siswa,. Maka dari itu guru mampu meningkatkan kualitas dirinya, baik kualitas keprofesionalitasnya, pedagogiknya, sosialnya maupun kualitas kepribadiannya. Selain itu, guru juga lebih mampu untuk bekerjasama, bertanggung jawab dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam menjalankan tugasnya sehingga sangat mendukung terwujunya tujuan, visi dan misi sekolah di SMP Negeri 3 Babalan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22854
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS FIMANDA ARLITA 2120060046.pdf5.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.