Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22845
Title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAINWRITING TERHADAPKREATIVITAS MENULIS CERPEN SISWA SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATORI LEAERNING TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Authors: PASARIBU, MUHAMMAD ZAKARIA
Keywords: Brainwriting;Partisipatori
Issue Date: 25-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran brainwriting dan metode pembelajaran partisipatori terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas XI-H SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-H SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan berjumlah 33 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan model pembelajaran brainwriting dan metode pembelajaran partisipatori terhadap kemampuan menulis cerpen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test. Berdasarkan uji Statistik T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment) yaitu -11.515 dengan standar deviasi 7.446 dan didapatkan nilai siginifikan (2tailed) 0.000 maka 𝐻𝑎 diterima dan 𝐻0 ditolak yang artinya ada perbedaan yang siginifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan postest.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22845
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI M ZAKARIA P V1.1 MD.pdfFull Text1.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.