Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran brainwriting dan metode pembelajaran partisipatori terhadap
kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas XI-H SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-H SMA Negeri 2
Percut Sei Tuan berjumlah 33 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan model
pembelajaran brainwriting dan metode pembelajaran partisipatori terhadap
kemampuan menulis cerpen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa
tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test.
Berdasarkan uji Statistik T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara
pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment)
yaitu -11.515 dengan standar deviasi 7.446 dan didapatkan nilai siginifikan (2tailed)
0.000 maka 𝐻𝑎 diterima dan 𝐻0 ditolak yang artinya ada perbedaan yang
siginifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan postest.