Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22838
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGBERBASIS MEDIA PHOTO STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP YASPI LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Authors: FAZIRA, TIA
Keywords: Problem Based Learning;Media Photo Story
Issue Date: 25-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuin pengaruh model problem based learning berbasis media photo story terhadap kemampuan menceritakan kembali teksfabel pada siswa kelas VII SMP Yaspi Labuhan deli tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari kelas VII-A dan VII-B. sampel penelitian ini menggunakan sampel total. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes performance atau uji praktikerja/produk. Hasil dari penelitian ini diperoleh jumlah nilai rata-rata denganmenggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis media photo storysebesar 78,36. 7 orang siswa (31,81%) memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat baik. 15 orang siswa (68,18%) memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik. Adapun jumlah nilai ratarata tanpa menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis media photo story sebesar 35,84. 2 orang siswa (8%) memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik, 4 orang siswa (15%) memperoleh nilai 51-65 dikategorikan cukup, 2 orang siswa (8%) memperoleh nilai 46-50 dikategorikan kurang dan 18 orang siswa (69%) memperoleh nilai 0-45 dikategorikan sangat kurang. Model pembelajaran problem based learning berbasis media photo story memiliki pengaruh dalam menceritakan kembali teks fabel dibanding tanpa menggunakan model problem based learning berbasis media photo story. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 11,5984 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf signifikan α = 5% dengan db= n1+ n2-2=46 maka diperoleh ttabel = 1,679. Demikian dapat diketahui thitung> ttabel yaitu 11,5984 > 1,679 maka Ha diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis media Photo Story terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel oleh siswa kelas VII SMP Yaspi Labuhan Deli tahun pembelajaran 2022-2023.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22838
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TIA FAZIRA.pdfFull Text9.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.