Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22836
Title: KONTRIBUSI PENDIDIKAN AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DALAM PEMBINAAN IBADAH SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN
Keywords: Kontribusi Pendidikan Al-islam Kemuhammadiyahan, Pembinaan ibadah
Issue Date: 25-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh dampak negatif dari kemajuan zaman yang mempengaruhi pola tingkah laku siswa sehingga perlu adanya ibadah sebagai penguat keimanan siswa, dan pelaksanaan ibadah harus ada pembinaan agar ibadah dilakukan benar-benar sesuai Al-Qur‟an dan Sunnah. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana Kontribusi Pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam membina ibadah siswa dan apa saja problematika dalam pembinaan ibadah tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik analisis data dalam penelitian ini analisis deskriptif yaitu data dalam bentuk kata-kata, kalimat atau paragraf yang mendeskripsikan peristiwa yang terjadi serta menggunakan tiga tahapan yaitu redukasi data, triangulasi sumber dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru Kemuhammadiyahan dan Siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan, serta Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Kontribusi Pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam pembinaan ibadah siswa berbentuk pemahaman materi, motivasi, cara thaharah, bacaan sholat hingga gerakan sholat siswa harus sesuai dengan apa Nabi Muhammad Saw contohkan yang tertuang dalam tarjih Muhammadiyah. Problematika dalam pembinaan ibadah siswa adalah kesulitan dalam memberikan pemahaman karena siswa tidak seluruhnya dari organisasi Muhammadiyah.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22836
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SALMIAH (1901020166).pdf3.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.