Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22805
Title: | PENGARUH METODE DESIGN THINKING TERHADAP KETERAMPILAN ECOPRENEURSHIP SISWA KELAS V SD NEGERI 112246 LANGGA PAYUNG |
Authors: | SAGALA, ARWINA |
Keywords: | Keterampilan;Ecoprenuership;Design Thinking |
Issue Date: | 24-Nov-2023 |
Abstract: | Penelitian ini didasarkan atas dasar urgensi internalisasi nilai-nilai Keterampilan ecopreneurship dalam seluruh interverensi pendidikan secara kreatif. Salah satu pembelajaran yang dapat dipilih dalam menginternalisasikan Keterampilan ecopreneurship pada diri siswa adalah pembelajaran Perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah Sampah. Design thinking menjadikan prinsip kemanusiaan sebagai landasan dalam setiap sintaknya dan hal ini sejalan dengan hakikat pembelajaran IPA sebagai bentuk mediumisasi upaya memanusikan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh design thinking Terhadap Keterampilan ecopreneurship terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif Siswa SD Negeri 112246 Langga Payung dalam Keterampilan Ecopreneurship. Hal ini dikarenakan pentingnya mahasiswa PGSD sebagai calon guru memiliki kreativitas dalam menginternalisasikan nilai-nilai ecoprenurship pada siswanya di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking dengan sempel penelitian sebanyak 30 Siswa Kelas V-A di SD Negeri 112246 Langga Payung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada Siswa Kelas V-A dengan Mengunakan Metode design thinking Terhadap Keterampilan ecopreneurship lebih baik daripada Siswa Kelas V-B yang belajar menggunakan pendekatan konvensional dalam Keterampilan Ecopreneurship. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sarana edukasi bagi mahasiswa PGSD dalam mengenalkan Metode design thinking terhadap keterampilan ecopreneurship sebagai model pembelajaran yang inovatif dan futuristik |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22805 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ARWINA SAGALA 1902090233.pdf | Full Text | 4.76 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.