Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2260
Title: Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Terhadap Peristiwa Lupa dalam Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Medan
Authors: Muhammad Riswan, Rais
Keywords: Layanan Informasi;Lupa dalam Belajar
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan informasi terhadap peristiwa lupa dalam belajar siswa kelas X MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap peristiwa lupa dalam belajar siswa kelas X MAN 1 Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas ( layanan informasi ) dengan variabel terikat (lupa dalam belajar). Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan yang berjumlah 559 orang dan sampel penelitian ini adalah 10% dari 559 orang yakni berjumlah 55 orang dan dengan menggunakan teknik proportional sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi 31 pernyataan yang terdiri dari 12 pernyataan untuk layanan informasi dan 19 pernyataan untuk lupa dalam belajar. Hasil analisis korelasi termasuk dalam kategori interprestasi kuat, mengemukakan ada pengaruh positif antara layanan informasi dengan peristiwa lupa dalam belajar, nila rhitung 0,651 rtabel 0,266 dan hal ini dapat disimpulkan bahwa rhitung > rtabel 0,651 > 0,266 berarti ada pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Sedangkan nilai uji thitung sebesar 6,243 dan ttabel 2,005 hal ini menunjukkan ada pengaruh signifikan antara layanan informasi terhadap peristiwa lupa dalam belajar karena thitung > ttabel 6,243 > 2,005. Selanjutnya ( thitung > ttabel ) maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga ada pengaruh pemberian layanan informasi terhadap peristiwa lupa dalam belajar siswa kelas X MAN 1 Medan tahun pembelajran 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2260
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.