Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2258
Title: Meningkatkan Penyesuaian Diri dalam Pergaulan Siswa Melalui Layanan Informasi Bidang Bimbingan Sosial Pada Siswa Kelas VII MTs. Al Mushlihin Binjai
Authors: Audina, Zehan
Keywords: Penyesuaian diri;Layanan informasi;Bimbingan sosial
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan penyesuaian diri dalam pergaulan siswa melalui layanan informasi bidang bimbingan sosial pada siswa kelas VII MTs. Al Mushlihin Binjai Tahun Pembelajaran 2017/2018?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penyesuaian diri dalam pergaulan siswa melalui layanan informasi bidang bimbingan sosial pada siswa kelas VII MTs. Al Mushlihin Binjai Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Al Mushlihin Binjai Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang penyesuaian diri dalam pergaulan di sekolah. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan informasi. Teknik dalam pengumpulan data ini dengan menggunakan observasi serta pemberian layanan informasi kepada siswa yang diikutsertakan, serta mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian kemampuan menyesuaikan diri dalam pergaulan siswakelas VII di MTs. Al Mushlihin Binjai T.P 2017/2018 meningkat melalui pelaksanaan layanan informasi. Dapat dilihat dari hasil instrumen tes pengambilan keputusan pada siklus II, pada tahap ini nilai yang didapat siswa sudah mencapai kategori baik yaitu 61,10%. Dengan hasil yang didapat dinyatakan bahwa kemampuan menyesuaikan diri dalam pergaulan siswa kelas VII di MTs. Al Mushlihin Binjai T.P 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui layanan informasi bidang bimbingan sosial benar adanya dan dapat diterima.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2258
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.