Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22442
Title: PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PENANGANAN PERILAKU PERUNDUNGAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 04 TAPANULI TENGAH
Authors: TINAMBUNAN, RISKA AMELIA
Keywords: Peran Komunikasi Interpersonal, Penanganan Perilaku Perundungan
Issue Date: 22-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya kasus perundungan yang terjadi di Sekolah Menengah Pertama 04 Tapanuli Tengah. Beberapa kasusnya adalah kasus perundungan menghina nama orang tua siswa, mengolok-olok pekerjaan orang tua, pakaian bahkan sampai perundungan secara fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru dalam penanganan perilaku perundungan yang terjadi di Sekolah Menengah Pertama 04 Tapanuli Tengah. Teori yang digunakan yaitu Komunikasi Interpersonal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian dengan narasumber yang terdiri dari 11 orang, diantaranya 1 guru Bimbingan Konseling dan 10 orang siswa pelaku perundungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru yang peneliti amati sudah berjalan dengan maksimal dalam meminimalisir kasus perundungan di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 04 Tapanuli Tengah. Melalui peran guru sebagai mediator,motivator,penasehat dan pembimbing, guru mampu meminimalisir kasus perundungan yang terjadi di Sekolah Menengah Pertama 04 Tapanuli Tengah dengan cara penanganan berupa memberi motivasi melalui hukuman serta surat panggilan orang tua.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22442
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RISKA AMELIA TINAMBUNAN.pdf6.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.