Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22403
Title: Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDS Muhammadiyah 32 Medan
Authors: Rahma, Auliva
Keywords: Project Based Learning;Hasil Belajar
Issue Date: 21-Nov- 23
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS materi “interaksi manusia dengan lingkungan” Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 32 Medan, Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 32 Medan, yang belokasi di Jln. Mistar Gg. Muhammadiyah No. 3 Medan, Populasi tersebut terdiri dari kelas IV yang berjumlah 27 siswa, Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebesar 27 siswa, teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan nilai pada siswa yang menjadi kelas eksperimen penelitian setelah dilakukan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar, Berdasarkan output Paired Samples Correlations diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat korelasi antara rata-rata Hasil Belajar siswa untuk pre-test kelas eksperimen dengan post-test kelas eksperimen (metode Demontrasi). Berdasarkan ouput Paired Samples Test diperoleh nilai t sebesar 33.440 dan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata rata Hasil Belajar siswa untuk pre-test kelas eksperimen dengan post-test kelas eksperimen dan penelitian ini menerima hipotesis bahwa terdapat pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas IV SD Muhammadiyah 32.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22403
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_REVISI_SIDANG_Auliva Rahmaaaaa(1).pdfFull Text3.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.