Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22350
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAl PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 020617 KEC. BINJAI SELATAN KOTA BINJAI
Authors: SYAFITRI, AYU
Keywords: Media Komik Digital, Pembelajaran Sejarah, Mengenal Peninggalan Kerajaan Masa Hindu, Budha Dan Islam.
Issue Date: 21-Nov-2023
Abstract: Media pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu guru menyampaikan materi secara menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Ketersediaan media dalam pembelajaran sejarah masih kurang di temukan. Dari maslah tersebut peneliti ingin mengembangkan sebuah media pembelajaran, yaitu menghasillkan produk komik sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital yang layak untuk pembelajaran tentang mengenal peninggalan kerajaan masa Hindu, Budha dan Islam pada kelas IV SD 020617 Kec. Binjai Selatan Kota Binjai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dan pengembangan. Subjek penelitian adalah kelas IV SD 020617 Kec. Binjai Selatan Kota Binjai. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Instrumen penelitian diuji dengan menggunakan validitas isi. Hasil penelitian media komik digital dikembangkan mengacu pada tahap pengembangan Borg and Gall yang dikelompokkan dalam tujuh tahap, yakni potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, media komik yang dikembangkan dengan mengacu pada tahap pengembangan Borg and Gall layak diterapkan dalam pembelajaran. penilaian dari ahli materi 84% (materi dan pembelajaran termasuk kriteria “sangat layak”) penilaian dari ahli media adalah 83% ( kondisi tampilan, ilustrasi, kualitas tampilan media dan daya tarik termasuk ke kriteria “sangat layak”) penilaian dari ahli bahasa adalah 90% (kebahasaan termasuk ke kriteria “sangat layak”). Sementara itu, penilaian yang diberikan pada uji lapangan terbatas 88,8% (termasuk ke kriteria “sangat layak”). Secara tampilan media komik digital (Mengenal Peninggalan Kerajaan Hindu, Budha dan Islam) mampu menarik perhatian siswa untuk belajar, emmudahkan belajar siswa, serta merangsang siswa mengingat materi menjadi lebih mudah.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22350
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HASIL REVISI AYU SYAFITRI FIX -1.pdf4.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.