Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22306
Title: Penerapan Model Pembelajaran Joyful Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Di SD Negeri 067260 Medan
Authors: Ningsih, Asri Widya
Keywords: Model Pembelajaran Joyful Learning;Kreativitas Belajar Matematika
Issue Date: 18-Sep-2023
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 067260 Medan, pada materi Statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 067260 Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Joyful Learning. Isntrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah sumber data, jenis data,cara pengambilan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Joyful Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas V pada materi pokok statistika. Hal itu dapat dibuktikan dari peningkatan 1) Hasil belajar siklus I yakni 41,38% dengan jumlah siswa yang tuntas 12 orang siswa, pada siklus II meningkat menjadi 86,21% dengan jumlahsiswa yang tuntas 26 orang siswa. Sedangkan siswa yang tidak tuntas pada suklus I 58,62% dengan jumlah 18 orang siswa, dan siklus II menjadi 13,79% dengan jumlah 4 orang siswa. 2) Hasil observasi kreativitas belajar matematika siswa pada siklus I kurang baik. Sedangkan pada siklus II meningkat sangat baik. Berdasarkan hasil observasi dan tes, pada siklus I skor kreativitas belajar matematika yang diperoleh sebesar 64,38% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,96% menjadi 80,34
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22306
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Baru Asri W.pdf7.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.