Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22297
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PKN DIKELAS IV SD MUHAMMADIYAH 32 MEDAN
Authors: NST, IMA YASA
Keywords: Model Pembelajaran Make A Match, Berpikir Kritis Siswa
Issue Date: 21-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kemampuan berpikir kritisnya masih kurang dan masih terbatas sehingga siswa belum mampu memahami konsep berpikir kritis dan belum menguasai tentang berpikir kritis pada pembelajaran Pkn. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah 32 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan 1 kelas. Instrument penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data penelitian ini dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada analisis uji t ( independent t-test ) diperoleh hasil nilai signifikansi ( sig. 2-tailed ) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pkn dikelas IV SD Muhammadiyah 32 Medan. Hasil analisis data diperoleh rata-rata ( mean ) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran make a match dikelas pretest yaitu 56,5. Sedangkan siswa dikelas posttest rata-rata ( mean ) tanpa diberikan perlakuan dengan model pembelajaran make a match yaitu 87. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran make a match memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran make a match.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22297
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IMA YASA NST 1902090219 PGSD.pdf1.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.