Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22178
Title: PENERAPAN METODE ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 11 MEDAN
Authors: INDAH, PERMATA SARI
Keywords: Kemampuan Menyimak;Metode Artikulasi
Issue Date: 23-Sep-2023
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran PPKn yang diakibatkan oleh beberapa factor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Medan sebelum menggunakan metode artikulasi, sesudah menggunakan metode artikulasi dan peningkatan penggunaan metode artikulasi. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Medan yang berjumlah 34 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa Perempuan. Penelitian ini menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Berdasarkan hasil lembar observasi siswa sebelum menggunakan metode artikulasi, 6,25 % siswa mencapai KKM dan 93,75 % tidak mencapai KKM. Pada siklus I setelah menggunakan metode artikulasi, rata-rata yang didapatkan yaitu 47,9 dengan siswa yang mendapat nilai tertinggi yaitu 77 dan siswa yang mendapat nilai terendah yaitu 25, 15,6 % siswa mencapai KKM dan 84,4% siswa yang tidak mencapai KKM. Pada siklus II, didapatkan rata-rata 84 dengan siswa yang mendapat nilai tertinggi yaitu 100 dan siswa yang mendapat nilai terendah yaitu 40. 90,63% siswa mencapai KKM dan 9,37% tidak mencapai KKM. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode artikulasi dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22178
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI INDAH PERMATA SARI.pdfFull Text5.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.