Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22142
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 105387 SEI KARANG
Authors: ADINDA, PUTRI
Keywords: Talking Stick;Keterampilan Berbicara Siswa
Issue Date: 10-Aug-2023
Abstract: Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut : apakah terdapat pengaruh keterampilan berbicara sebelum melakukan model pembelajaran kooperaif type talking stick dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperaif type talking stick?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif type talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 105387 Sei Karang. Jenis Penelitian ini adalah Kuantitatif. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 105387 Sei Karang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 25 peserta didik. Dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil pretest diketahui 2 siswa memperoleh nilai di atas KKM dan 23 siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Hasil posttest diketahui 16 siswa memperoleh nilai di atas KKM dan 9 siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Dari hasil ini dapat dilihat bahwa keterampilan berbicara setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif type talking stick mengalami peningkatan yang memenuhi nilai KKM. Berdasarkan tabel Paired Sample t Test nilai signifikan 2 tailed 0,000 < 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan antara variabel awal (pretest) dengan varabel akhir (posttest) ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang diberikan kepada masing-masing variabel yang diperoleh dari hasil penelitian bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif type talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 105387 Sei Karang.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22142
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdfFull Text3.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.