Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22139
Title: PERSEPSI PESERTA BPJS KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN PUSKESMAS KOTANOPAN KABUPATEN MANDAILING NATAL
Authors: SERI, WAHYUNI LUBIS
Keywords: Persepsi;Peserta BPJS;Pelayanan
Issue Date: 27-Jul-2023
Abstract: Kesejahteraan sosial masyarakat merupakan hal yang sangat mendasar dan menjadi tolak ukur untuk melihat kemajuan sebuah negara. Salah satu aspek kesejahteraan sosial yang menjadi masalah di Indonesia adalah masalah kesehatan. Untuk menanggulangi hal ini pemerintah membentuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan program BPJS Kesehatan. Salah satu Puskesmas yang turut serta melaksanakan program BPJS Kesehatan adalah Puskesmas Kotanopan. Pelayanan Puskesmas sangat dirasakan manfaatnya dan membantu masyarakat termasuk peserta BPJS sehingga pelayanan yang diberikan kepada pasien harus berkualitas sesuai standar pelayanan yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta BPJS kesehatan terhadap pelayanan di Puskesmas Kotanopan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis data reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta BPJS kesehatan terhadap keamanan data-data pasien sudah baik dan fasilitas kesehatan Puskesmas sudah lengkap, tetapi untuk kenyamanan, ketepatan waktu, kesopanan dan keramahan serta keadilan selama pelayanan berlangsung masih kurang. Diharapkan kepada pihak Puskesmas agar meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien khususnya pasien pengguna BPJS di Puskesmas.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22139
Appears in Collections:Social Welfare Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SERI WAHYUNI LUBIS .pdfFull Text4.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.