Abstract:
Kesejahteraan sosial masyarakat merupakan hal yang sangat mendasar dan
menjadi tolak ukur untuk melihat kemajuan sebuah negara. Salah satu aspek
kesejahteraan sosial yang menjadi masalah di Indonesia adalah masalah
kesehatan. Untuk menanggulangi hal ini pemerintah membentuk Jaminan
Kesehatan Nasional (JKN) dengan program BPJS Kesehatan. Salah satu
Puskesmas yang turut serta melaksanakan program BPJS Kesehatan adalah
Puskesmas Kotanopan. Pelayanan Puskesmas sangat dirasakan manfaatnya dan
membantu masyarakat termasuk peserta BPJS sehingga pelayanan yang diberikan
kepada pasien harus berkualitas sesuai standar pelayanan yang ditentukan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta BPJS kesehatan terhadap
pelayanan di Puskesmas Kotanopan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif dengan analisis data reduksi data (data reduction), penyajian
data (data display) dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini
terdiri dari 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta BPJS
kesehatan terhadap keamanan data-data pasien sudah baik dan fasilitas kesehatan
Puskesmas sudah lengkap, tetapi untuk kenyamanan, ketepatan waktu, kesopanan
dan keramahan serta keadilan selama pelayanan berlangsung masih kurang.
Diharapkan kepada pihak Puskesmas agar meningkatkan kualitas pelayanan
terhadap pasien khususnya pasien pengguna BPJS di Puskesmas.