Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22133
Title: PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 51 SIDIKALANG
Authors: Sinamo, Riswan
Keywords: Problematika Pembelajaran, Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Sidikalang
Issue Date: 17-Nov-2023
Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah masih ada peroblematika dalam Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 51 Sidikalang terhadap pelajaran Kemuhammadiyahan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, salah satu penyebabnya adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran Kemuhammadiyahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran siswa pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan, untuk mengungkapkan kendala-kendala yang dialami oleh guru maupun siswa-siswi serta untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada guru dan siswa-siswi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Responden dalam penelitian ini yaitu murid kelas VII dan guru Bidang studi mata pelajaran Kemuhammadiyahan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala yang dialami guru adalah kurangnya waktu pembelajaran serta kurangnya kesadaran diri para peserta didik untuk lebih memahami materi pembelajaran kemuhammadiyahan. Sedangkan faktor penghambat minat belajar siswa yaitu kurangnya wawasan guru pada saat menjelaskan pembelajaran kepada siswa untuk mempermudah para siswa memahami materi yang di ajarkan oleh guru mata pelajaran, kondisi kelas yang ramai, siswa memiliki kesibukan sendiri pada saat guru menjelaskan materi dan siswa yang tidak memiliki kesiapan untuk belajar dalam perlengkapan belajarnya tidak lengkap. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dialami oleh guru dan siswa adalah dengan menambahkan waktu pembelajaran agar siswa dapat dengan tenang mendengarkan penjalasan yang di ajakrkan oleh guru, melengkapi fasilitas sekolah dalam proses belajar amengajar agar nantinya guru dan siswa melaksanakan pembelajaran dengan nyaman dan tenang.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22133
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Riswan 1801020149.pdf3.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.