Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22128
Title: PENGARUH PENERAPAN METODE PERKALIAN LATTICE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV UPT SPF SD NEGERI 101895 BANGUN SARI
Authors: LUMBANTOBING, MEGA T.
Keywords: Metode Perkalian Lattice, Hasil Belajar Matematika
Issue Date: 17-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode perkalian Lattice terhadap hasil belajar matematika kelas IV UPT SPF SD Negeri 101895 Bangun Sari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain penelitian quasi experimental design jenis nonequivalent control group design. Instrumen penelitian menggunakan tes yang berjumlah 25 butir soal, lembar observasi, dan tes kinerja yang sudah dilakukan uji validitas isi, uji validitas empiris, dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa metode perkalian Lattice mempunyai nilai signifikan sebesar 0,012 < 0,05 pada hasil belajar kognitif, 0,000 < 0,05 pada hasil belajar afektif, dan sebesar 0,001 < 0,05 pada hasil belajar psikomotorik. Artinya, terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara data hasil penelitian di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa diterima dan ditolak. Dapat dilihat juga pada sebelum diberi perlakuan menggunakan metode perkalian Lattice nilai rata-rata pretest sebesar 61,44. Sedangkan setelah diberi perlakuan menggunakan metode perkalian Lattice nilai rata-rata post-test sebesar 82,24. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode perkalian Lattice terhadap hasil belajar matematika kelas IV UPT SPF SD Negeri 101895 Bangun Sari.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22128
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MEGA T. LUMBANTOBING.pdf3.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.