Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22104
Title: EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI PENGGUNAAN GADGET SISWA KELAS X TKJ 1 SMK YPK MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Authors: TRIA, IFNA
Keywords: Bimbingan Kelompok;Media Pembelajaran Tebak Kata;Kontrol Diri Penggunaan Gadget
Issue Date: 4-Sep-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kontrol diri penggunaan gadget pada siswa SMK YPK Medan. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam meningkatkan kontrol diri penggunaan gadget pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan media pembelajaran tebak kata. Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK YPK Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa untuk mengetahui kontrol diri penggunaan gadget. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki kontrol diri penggunaan gadget yang rendah sehingga ketidakmampuan siswa dalam mengendalikan diri dalam penggunaan gadget terutama dilingkungan sekolah dan pada saat belajar.. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kontrol diri penggunaan gadget siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan media pembelajaran tebak kata. (2) terdapat perbedaan yang signifikan kontrol diri penggunaan gadget siswa pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok. (3) terdapat perbedaan yang sidnifikan kontrol diri penggunaan gadget siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22104
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TRIA IFNA Finish.pdfFull Text4.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.