Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22078
Title: PENGARUH IKLAN SOSIAL MEDIA DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK KECANTIKAN MEREK SCARLETT WHITENING BODY LOTION DENGAN FAKTOR PSIKOLOGIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Authors: AULIA, AHMAD PURBA
Keywords: Iklan Sosial Media;Potongan Harga;Faktor Psikologis;Keputusan Pembelian
Issue Date: 15-Sep-2023
Abstract: Iklan sosial media, potongan harga dan faktor psikologis adalah beberapa variabel yang mempengaruhi konsumen untuk memutuskan pembelian sebuah produk. Hal ini juga dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Patumbak, untuk itu diperlukan penelitian agar diketahui pengaruh masing- masing variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung maupun tidak langsung pengaruh iklan sosial media, potongan harga dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen produk Scarlett Body Lotion di Kecamatan Patumbak. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner lalu diuji menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji model persamaan struktural ( Structural Equation Modeling/ SEM) dengan pendekatan alternatif Partial Least Square (PLS) menggunakan SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh iklan sosial media terhadap faktor psikologis (sig = 0,000 < 0,05),tidak ada pengaruh iklan sosial media keputusan pembelian (non sig = 0,241 > 0,05), ada pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian (sig = 0,000 < 0.05), tidak ada pengaruh potongan harga terhadap faktor psikologis (non sig = 0,546 > 0,05) tidak ada pengaruh potongan harga terhadap keputusan pembelian (non sig = 0,546 > 0,05), tidak ada pegaruh potongan harga terhadap keputusan pembelian melalui faktor psikologis (non sig = 0,560 > 0,05) ada pengaruh iklan sosial media terhadap keputusan pembelian melalui faktor psikologis (sig = 0,001 < 0,5). Kesimpulan penelitian ada pengaruh Iklan sosial media terhadap faktor psikologis, tidak ada pengaruh iklan sosial media keputusan pembelian, ada pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian, tidak ada pengaruh potongan harga terhadap faktor psikologis, tidak ada pengaruh potongan harga terhadap keputusan pembelian, tidak ada pegaruh potongan harga terhadap keputusan pembelian melalui faktor psikologis,ada pengaruh iklan sosial media terhadap keputusan pembelian melalui faktor psikologis terhadap konsumen produk Scarlett Body Lotion.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22078
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AULIA AHMAD PURBA.pdfFull Text4.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.