Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22050
Title: ANALISA PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK PADA KAPAL TB. MAIDEN CENTRAL DENGAN SIMULASI ELECTRICAL TRANSIENT ANALYSER PROGRAM ( ETAP)
Authors: SUPIANDI, DIDI
Keywords: Drop Tegangan, software ETAP, kelistrikan kapal, load flow analysis
Issue Date: 17-Nov-2023
Abstract: Teknologi kelistrikan pada kapal merupakan salah satu penunjang utama bagi semua sistem kelistrikan yang ada di kapal. Kualitas energi listrik yang baik sangat penting bahkan telah menjadi salah satu faktor utama, sebab listrik yang stabil dan baik akan membuat barang – barang elektronik bisa bertahan lebih lama. Tegangan jatuh tidak dapat dihilangkan, akan tetapi hanya bisa diminimalkan. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui berapa besar konsumsi daya yang di butuhkan, mengetahui cara melakukan perhitungan tegangan jatuh baik itu secara Simulasi maupun perhitungan manual, serta bagaimana cara perbaikan teganga jatuh tersebut. Simulasi dilakukan dengan menggunakan metoda Load Flow Analisys pada aplikasi ETAP (Electric Transient and Analysis Program) 16.0. Simulasi dijalankan dengan menggunakan data-data teknik dan pengukuran yang ada dilapangan untuk mendapatkan hasil kualitas tegangan pelayanan sesuai standar dan mengurangi dampak jatuh tegangan. Total daya yang dikonsumsi pada Kapal Tb. Maiden Central untuk menggerakan beben motor - motor listrik adalah 60,85 kW. Kondisi tegangan jatuh pada hasil perhitungan menggunakan rumus terbesar 7,61% pada beban FW Pump no2 yang tidak memenuhi standar PUIL 2011 dan ANSI 5%, sedangkan Pada hasil simulasi terbesar 3,18 % pada beban SW pump A/E No2, kompresor masih memenuhi standar PUIL 2011 dan ANSI 5%. Hasil perhitungan tegangan jatuh Pada kapal tugboat Maiden Cental tidak jauh berbeda dibandingkan dengan hasil simulasinya, sehingga menghasilkan nilai error tidak terlalu tinggi. Simulasi perbaikan dilakukan terhadap aspek kelistrikan yaitu dengan menambah kapasitor sebesar 410 kva, perbaikan tersebut dilakukan pada main busbar sebelum perbaikan sebesar 217 volt dimaksimalkan menjadi 220 volt setelah perbaikan. Maka pada beban motor -motor listrik tersebut mengalami kenaikan tegangan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22050
Appears in Collections:Electrical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1807220001.pdfFull Text3.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.