Abstract:
Teknologi kelistrikan pada kapal merupakan salah satu penunjang utama bagi
semua sistem kelistrikan yang ada di kapal. Kualitas energi listrik yang baik sangat
penting bahkan telah menjadi salah satu faktor utama, sebab listrik yang stabil dan
baik akan membuat barang – barang elektronik bisa bertahan lebih lama. Tegangan
jatuh tidak dapat dihilangkan, akan tetapi hanya bisa diminimalkan. Penelitian ini
dilakukan guna untuk mengetahui berapa besar konsumsi daya yang di butuhkan,
mengetahui cara melakukan perhitungan tegangan jatuh baik itu secara Simulasi
maupun perhitungan manual, serta bagaimana cara perbaikan teganga jatuh
tersebut. Simulasi dilakukan dengan menggunakan metoda Load Flow Analisys
pada aplikasi ETAP (Electric Transient and Analysis Program) 16.0. Simulasi
dijalankan dengan menggunakan data-data teknik dan pengukuran yang ada
dilapangan untuk mendapatkan hasil kualitas tegangan pelayanan sesuai standar
dan mengurangi dampak jatuh tegangan. Total daya yang dikonsumsi pada Kapal
Tb. Maiden Central untuk menggerakan beben motor - motor listrik adalah 60,85
kW. Kondisi tegangan jatuh pada hasil perhitungan menggunakan rumus terbesar
7,61% pada beban FW Pump no2 yang tidak memenuhi standar PUIL 2011 dan
ANSI 5%, sedangkan Pada hasil simulasi terbesar 3,18 % pada beban SW pump
A/E No2, kompresor masih memenuhi standar PUIL 2011 dan ANSI 5%. Hasil
perhitungan tegangan jatuh Pada kapal tugboat Maiden Cental tidak jauh berbeda
dibandingkan dengan hasil simulasinya, sehingga menghasilkan nilai error tidak
terlalu tinggi. Simulasi perbaikan dilakukan terhadap aspek kelistrikan yaitu dengan
menambah kapasitor sebesar 410 kva, perbaikan tersebut dilakukan pada main
busbar sebelum perbaikan sebesar 217 volt dimaksimalkan menjadi 220 volt setelah
perbaikan. Maka pada beban motor -motor listrik tersebut mengalami kenaikan
tegangan.