Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22025
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS III SDN 091590 SERBELAWAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Authors: RAMADHANI, DINDA
Keywords: Model pembelajaran kooperatif Tipe Think Talk Write;Berfikir Kreatif
Issue Date: 15-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar siswa, kurangnya penggunaan model pembelajaran pada saat pembelajaran oleh guru sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan berfikir kreatif siswa. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 091590 Serbelawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh model pembelajaran kooperative tipe think talk write terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 091590 Serbelawan. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 091590 Serbelawan yang berjumlah 60 orang Siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu Tes keterampilan Menganalisis yang berjumlah 10 soal berbentuk essay yang sudah diuji validitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dikelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 61,17 dan rata-rata di kelas eksperimen sebesar 75,67 dengan menggunakan model pembelajaran kooperative tipe think talk write. Dilihat dari hasil output “Independent Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperative tipe think talk write terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 091590 Serbelawan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22025
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_DINDA RAMADHANI_1802090140.pdfFull Text6.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.