Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21964
Title: Pengembangan Media Interaktif Berbasis Canva Di Kelas IV SD Al Washliyah Ampera II.
Authors: Zuhro, Nurul Mahfuzatul
Keywords: Pengembangan, Media Interaktif, Media Berbasis Canva
Issue Date: 15-Nov-2023
Abstract: Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media interaktif berbasis canva dan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media untuk siswa di kelas IV SD Al Washliyah Ampera II sebagai salah satu sumber belajar dalam proses pembelajaran. Media ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model ADDIE yang terdapat 5 tahapan dalam pengembangannya, yaitu (1) tahap analysis, (2) tahap design, (3) tahap development, (4) tahap implementation, dan (5) tahap evaluation. Namun pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap implementasi dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga. Kevalidan media interaktif berbasis canva merujuk pada hasil penilaian media oleh para ahli terhadap media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk media interaktif berbasis canva diperoleh dari hasil analisis validasi ahli materi yaitu 96,4% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis dari validasi ahli desain media diperoleh nilai 96,4% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis dari validasi ahli bahasa diperoleh nilai 98,2% dengan kategori sangat valid. Analisa uji kepraktisan yang dilakukan oleh para siswa menghasilkan nilai 90,6%. Berdasarkan analisis kepraktisan oleh para siswa dapat di tarik kesimpulan bahwa media interaktif berbasis canva sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21964
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Nurul mahfuzatul Zuhro 1902090119.pdf5.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.