Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21949
Title: | Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Estafet Pelangi Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa |
Authors: | Salsabilla, Nurul Aini |
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik;Model Pembelajaran Estafet Pelangi Matematika;Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematik |
Issue Date: | 24-Aug-2023 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika yang berfokus pada materi bangun ruang sisi datar di Tingkat SMP kelas VIII. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pegembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika pada materi bangun ruang sisi datar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa di tingkat SMP kelas VIII. Selain itu untuk mengetahui suatu kelayakan dan kemenarikan pada lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika pada materi bangun ruang sisi datar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap ketertarikan pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika pada materi bangun ruang sisi datar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa di tingkat SMP kelas VIII. Adapun model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari Research and information collecting (penelitian dan pengumpulan data), Planning (perencanaan), Develop preliminary form of product (pengembangan produk), Preliminary field testing (uji coba terbatas), Main product revision (revisi produk). Pada tahap Preliminary field testing (uji coba terbatas) peneliti membatasi uji coba dalam skala kecil dengan jumlah 10 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Hasil dari penelitian ini memperoleh nilai sebesar 96,36% ahli materi menyatakan sangat valid, 95,45% ahli media menyatakan sangat valid, antara 90%-98% dengan kriteria sangat valid dan valid peserta didik menyatakan tertarik yang berarti pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika pada materi bangun ruang sisi datar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa layak dijadikan bahan ajar atau media pembelajaran. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21949 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI NURUL AINI-1.pdf | 8.39 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.