Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21940
Title: Komunikasi Interpersonal Pemandu Raz Museum & Gallery Kepada Pengunjung Dalam Edukasi Nilai-Nilai Sejarah
Authors: Ramadhani, Fitri
Keywords: Pemandu Museum;Komunikasi Interpersonal;Wisata Edukasi.
Issue Date: 31-Aug-2023
Publisher: UMSU
Abstract: Museum adalah sebuah lembaga atau institusi yang berfungsi untuk mengumpulkan, merawat dan melestarikan budaya masyarakat pada masa lampau. Di era modern,museum telah menjadi tempat dinamis dan inovatif dalam menyampaikan pesan-pesan sejarah dan budaya.pemandu museum merupakan elemen penting dalam memfasilitasi komunikasi interpersonal antara pengunjung dan benda-benda di dalam museum. Pemandu harus mampu mengkomunikasikan informasi yang relevan dengan cara menarik dan mudah dipahami.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana komunikasi interpersonal antara pemandu Raz Museum & Gallery kepada pengunjung dalam edukasi nilai nilai sejarah dan bagaimana menangani faktor-faktor yang menghambat komunikasi interpersonal. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah Teori Harold Laswell. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis data,mengolah dan menarik kesimpulan secara kualitatif deskripstif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Salah satu aspek penting dalam komunikasi interpersonal adalah pemahaman pemandu museum terhadap kebutuhan dan minat pengunjung. Sebagai pemandu, mereka harus berupaya untuk memahami latar belakang, pengetahuan, dan minat pengunjung agar dapat menyampaikan informasi dengan cara yang relevan dan menarik bagi mereka.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21940
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FITRI RAMADHANI.pdf21.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.