Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21822
Title: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ID PRINTING DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN DI KOTA MEDAN
Authors: MULKI, AHMAD TEJA MALIKUL
Keywords: Komunikasi;Pemasaran;Sosial Media
Issue Date: 13-Nov-2023
Abstract: Seiring perkembangan zaman, saat ini media sosial Instagram bukan lagi sekedar media sosial pribadi untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto, maupun video, menerapkan filter digital dan membagikannya ke pengguna instagram lainnya maupun ke media sosial lain, yang berkaitan dengan instagram itu sendiri. Kini instagram menjelma menjadi media promosi dan pemasaran bagi para pelaku bisnis. ID Printing merupakan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, ID Printing turut memanfaatkan media sosial instagram sebagai media promosi dan pemasaran untuk meningkatkan rasa kepercayaan para pelanggan serta bertujuan menjangkau khalayak lebih luas sehingga menjadikan ID Printing dikenali banyak orang dan mendatangkan pelanggan baru. Hal ini tentunya berdampak pada peningkatan omset perusahaan kedepannya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi yang harus dilakukan dalam hal memanfaatkan media sosial instagram sebagai media promosi dan pemasaran melalui konten, interaksi dengan calon pelanggan, dan meningkatkan eksistensi akun ID Printing pada media sosial instagram sehingga berdampak pada loyalitas pelanggan serta peningkatan engagement akun tersebut. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif peneliti melakukan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi kepada narasumber. Penelitan ini tentu bermanfaat untuk memberikan solusi serta menambah wawasan bagi ID Printing dan para pelaku bisnis lainnya yang berkecimpung di media sosial instagram untuk mengelola akun, memanajemen konten, menjalin interaksi dengan khalayak, sehingga membuat akun instagram tersebut bisa dipercaya khalayak dan mendapatkan respon positif bagi setiap pelanggan. Harapan kedepannya para pelaku bisnis turut memanfaatkan media sosial instagram dengan menyajikan beberapa konten yang bersifat mengedukasi pelanggan, promosi, interaktif, tidak membosankan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21822
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ahmad Teja Malikul Mulki.pdfFull Text6.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.