Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21740
Title: MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 08 MEDAN
Authors: Sari, Indah Permata
Keywords: Berpikir Kritis siswa, model pembelajaran NHT dan Bahasa Indonesia.
Issue Date: Sep-2023
Abstract: Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Berpikir Kritis Siswa dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SD Muhammadiyah 08 Medan. Fokus penelitian ini adalah aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil pemahaman berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 siswa di SD Muhammadiyah 08 Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dikaji menggunakan data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pembelajaran siklus I belum mengalami peningkatan. Rata-rata nilai pemahaman berpikir kritis siswa pada siklus I yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 65 dengan persentase ketuntasan 38% dan nilai rata-rata siklus II pemahaman berpikir kritis siswa yang diperoleh sebesar 85 dengan persentase ketuntasan mencapai 81%. Peningkatan persentase siklus I ke siklus II terjadi peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran NHT pada berpikir kritis siswa meningkat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21740
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi_indah permata sari.pdf4.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.