Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21707
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Tritech Informatika Medan
Authors: Ramadhansyah, Rizky
Keywords: hasil belajar, model pembelajaran Collaborative Learning
Issue Date: Aug-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Collaborative Learning terhadap hasil belajar. Dengan metode ini siswa akan berperan aktif dalam menggali informasi yang berhubungan dengan pengalaman mereka, belajar untuk hidup bersama, bertanggung jawab, sehingga ilmu yang didapatkan siswa baik itu dari dirinya sendiri maupun dari orang lain tertanam dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara peneliti kepada guru bidang studi matematika kelas X Multimedia SMK Tritech Informatika Medan, menyatakan bahwa “hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah terutama pada saat ulangan diberikan ”. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran langsung, artinya siswa hanya mencatat dan mendengar. Siswa diberikan tes untuk mendapatkan hasil belajar matematika kemudian peneliti mendeskripsikan hasil tersebut dalam analisis data. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilaksankan di SMK Tritech Informatika pada kelas X Multimedia Executive sebanyak 22 siswa. Hasil uji hipotesis yang dilakukan pada penelitian ini diperoleh nilai t hitung sebesar . Dimana nilai t tabel dengan taraf signifikan ɑ = 0,05 diperoleh nilai t tabel sebesar 1.717. Artinya nilai t hitung > nilai t tabel atau > 1,717. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa “ terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Collaborative Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Tritech Informatika Medan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21707
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_RIZKY RAMADANSYAH.pdf4.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.