Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Collaborative Learning terhadap hasil belajar. Dengan metode ini
siswa akan berperan aktif dalam menggali informasi yang berhubungan dengan
pengalaman mereka, belajar untuk hidup bersama, bertanggung jawab, sehingga
ilmu yang didapatkan siswa baik itu dari dirinya sendiri maupun dari orang lain
tertanam dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara peneliti kepada guru bidang
studi matematika kelas X Multimedia SMK Tritech Informatika Medan,
menyatakan bahwa “hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah
terutama pada saat ulangan diberikan ”. Hasil observasi yang dilakukan oleh
peneliti bahwa siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas
disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran langsung, artinya siswa
hanya mencatat dan mendengar. Siswa diberikan tes untuk mendapatkan hasil
belajar matematika kemudian peneliti mendeskripsikan hasil tersebut dalam
analisis data. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Penelitian
ini dilaksankan di SMK Tritech Informatika pada kelas X Multimedia Executive
sebanyak 22 siswa. Hasil uji hipotesis yang dilakukan pada penelitian ini
diperoleh nilai t hitung sebesar . Dimana nilai t tabel dengan taraf
signifikan ɑ = 0,05 diperoleh nilai t tabel sebesar 1.717. Artinya nilai t hitung >
nilai t tabel atau > 1,717. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak
dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa “ terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan model pembelajaran Collaborative Learning terhadap hasil
belajar matematika siswa SMK Tritech Informatika Medan