Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21704
Title: Pengaruh Media Pembelajaran Kantong Ajaib Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III SD-IT Mardhiyah BInjai
Authors: Sari, Diah Artha
Keywords: Media Kantong Ajaib, Keaktifan Siswa
Issue Date: 4-Aug-2023
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran dan guru belum pernah menggunakan media pembelajaran kantong ajaib. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keaktifan siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai di kelas kontrol, 2) untuk mengetahui keaktifan siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai di kelas eksperimen, 3) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kantong ajaib terhadap keaktifan siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai Tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran kantong ajaib, dan variabel terikatnya adalah keaktifan siswa. Instrumen penelitian ini dengan meggunakan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran kantong ajaib di kelas eksperimen yaitu 88,10. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan media pembelajaran kantong ajaib yaitu 75,78. Sehingga siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran kantong ajaib memiliki rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran kantong ajaib. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kantong ajaib berpengaruh terhadap keaktifan siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test) diperoleh hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00. Dalam hal ini, nilai sig (2- tailed) yang diperoleh ˂ 0,05 atau 0,000 ˂ 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh media pembelajaran kantong ajaib terhadap keaktifan siswa kelas III SDIT Mardhiyah Binjai.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21704
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_DIAH ARTHA SARI.pdf9.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.