Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21586
Title: PENGARUH VOLUME LALU LINTAS TERHADAP KEBISINGAN DISIMPANG EMPAT PALANG TEGAK JALAN ARIEF RAHMAN HAKIM KECAMATAN MEDAN AREA
Authors: FITRIA, MUFIDA LUBIS
Keywords: Lalu Lintas;Kebisingan;Persimpangan;Transportasi
Issue Date: 19-Sep-2023
Abstract: Permasalahan transportasi akan semakin meningkat seiring dengan berkembangnya suatu negara. Pertambahan pendapatan seiring peningkatan kepemilikan kendaraan dan arus urbanisasi mengakibatkan peningkatan arus lalulintas. Tingkat kebisingan yang ditimbulkan pada suatu ruas jalan dapat dipengaruhi oleh meningkatnya jumlah kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat akibat bertambahnya jumlah penduduk Kota Medan. Kebisingan adalah suara yang tidak diinginkan yang dihasilkan oleh suatu usaha atau kegiatan pada volume dan waktu tertentu dan dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan, serta kesejahteraan hewan, tumbuhan, dan manusia. Hal ini tentu berdampak pada arus lalu lintas dan kebisingan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kebisingan kendaraan akibat lalu lintas di Simpang Empat Palang Tegak membuat model matematis yang menunjukkan hubungan tingkat kebisingan dengan volume kendaraan, serta menganalisis rata-rata kebisingan kendaraan dalam lalu lintas. Analisa data menggunakan metode pembacaan langsung dan catat setiap pengukurn 10 menit selama periode 2 jam. Berdasarkan hasil pemindaian rata-rata, tingkat kebisingan kendaraan paling tinggi berada di jalan Halat sebesar 78,15 dB dengan jumlah sepeda motor 3718 SMP/jam dan kendaraan ringan sebesar 1523 SMP/jam dan kendaraan berat sebesar 20 SMP/jam terjadi pada pagi hari. Secara umum , pengaruh ini di dominasi oleh sepeda motor (MC), sedangkan kendaraan ringan (LV) dan kendaraan berat (HV) hanya mempunyai pengaruh kecil, namun pengaruh ini dapat menjadi lebih penting jika di perhatikan. Jalan meningkat sehingga menyebabkan tingkat kebiingan melebihi ambang batas sekitar 78 dB akibat klakson yang di bunyikan untuk saling menyalip, kebisingan dari knalpot, gesekan ban dengan permukaan jalan saat pengereman, dan lain-lain.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21586
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdfFull Text2.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.