Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21538
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAPRILIA-
dc.date.accessioned2023-10-13T02:50:05Z-
dc.date.available2023-10-13T02:50:05Z-
dc.date.issued2023-07-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21538-
dc.description.abstractSetiap manusia dilahirkan dalam keadaan yang berbeda-beda, tidak semua orang terlahir dalam keadaan yang normal atau lengkap, ada juga yang terlahir dalam keadaan yang berbeda atau memiliki kekurangan baik dari segi fisik maupun mental. Bagi yang terlahir dengan memiliki kekurangan pada umumnya disebut sebagai orang dengan disabilitas. Penyandang disabilitas usia sekolah (Anak Berkebutuhan Khusus) berjumlah 831.546 jiwa. Salah satu upaya dalam penguatan keberfungsian sosial anak berkebutuhan khusus tunarungu adalah dapat melaksanakan pendidikan di Sekolah Luar Biasa. Penelitian dilakukan di SLB E Negeri Pembina Medan. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SLB E Negeri Pembina Medan dan Guru di SLB E Negeri Pembina Medan. Informan utama yaitu siswa tunarungu dan orang tua siswa tunarungu di SLB E Negeri Pembina Medan. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka, observasi dan wawancara. Data yang didapat di lapangan kemudian dianalisis oleh peneliti yang dideskripsikan dengan pendekatan kualitatif. Hingga akhirnya dapat ditarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penguatan keberfungsian sosial yang dilakukan SLB E Negeri Pembina Medan meliputi beberapa program pelayanan sosial diantara-Nya pengembangan kemampuan berbahasa, pembelajaran tutor sebaya, pelayanan keterampilan vokasional, dan metode pembelajaran kemandirian. Dan berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, peneliti memberikan saran hendaknya sekolah menyediakan psikolog dalam proses penerimaan siswa baru, mengidentifikasi kemampuan dan potensi siswa, menentukan strategi dan metode pembelajaran dan juga melakukan evaluasi hasil pembelajaran.en_US
dc.subjectAnak Tunarunguen_US
dc.subjectSekolahen_US
dc.subjectPelayanan Sosialen_US
dc.subjectKeberfungsian Sosialen_US
dc.titleSTRATEGI PENGUATAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU DI SLB E NEGERI PEMBINA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Social Welfare Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI APRILIA.pdfFull Text3.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.