Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21504
Title: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH PENDEK MELALUI METODE ONE DAY ONE AYAT PADA KELOMPOK B DI TK SATU ATAP SDN 2 RIMO TAHUN 2023
Authors: WIDDIA, SISTA ARIANI
Keywords: One Day One Ayat;Menghafal
Issue Date: 21-Sep-2023
Abstract: Metode One Day One Ayat adalah salah satu metode yang tepat dalam mengembangkan hafalan Juz Amma pada anak usia dini, metode One Day One Ayat berarti metode menghafal 1 ayat 1 hari setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Metode one day one ayat di TK Satu Atap SDN 2 Rimo dan apakah metode ini dapat meningkatkan minat anak dalam menghafal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas B sebanyak 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil observasi atau pengamatan yang dilakukan, yaitu anak mampu mengaplikasikan atau menerapkan metode tersebut dalam menghafal surah pendek, tidak merasa terbebani, tidak merasa kesulitan dalam menghafal surah pendek, tetapi ada beberapa anak yang merasa sulit dalam pengucapannya, dan respon anak dalam menghafal satu hari satu ayat di TK Satu Atap SDN 2 Rimo juga baik, anak dapat memahami dan mengerti metode yang digunakan oleh gurunya, bahkan ada beberapa anak yang mampu menghafalkan sampai 40 ayat surah An-Naba‟, walaupun masih ada beberapa anak yang belum mampu menghafal sesuai target, hal ini disebabkan kurangnya minat anak, ketidakhadiran anak, anak yang malas menghafal dan anak yang malas murajaah serta anak yang kurang pede, Sehingga metode ini harus disesuaikan dengan minat anak.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21504
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_WIDDIA SISTA ARIANI_1901240008.pdfFull Text3.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.