Abstract:
Metode One Day One Ayat adalah salah satu metode yang tepat dalam
mengembangkan hafalan Juz Amma pada anak usia dini, metode One Day One
Ayat berarti metode menghafal 1 ayat 1 hari setiap harinya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Metode one day one ayat di
TK Satu Atap SDN 2 Rimo dan apakah metode ini dapat meningkatkan minat
anak dalam menghafal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field
research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek yang digunakan dalam penelitian
ini adalah siswa kelas B sebanyak 10 anak. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah obeservasi, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil observasi
atau pengamatan yang dilakukan, yaitu anak mampu mengaplikasikan atau
menerapkan metode tersebut dalam menghafal surah pendek, tidak merasa
terbebani, tidak merasa kesulitan dalam menghafal surah pendek, tetapi ada
beberapa anak yang merasa sulit dalam pengucapannya, dan respon anak dalam
menghafal satu hari satu ayat di TK Satu Atap SDN 2 Rimo juga baik, anak dapat
memahami dan mengerti metode yang digunakan oleh gurunya, bahkan ada
beberapa anak yang mampu menghafalkan sampai 40 ayat surah An-Naba‟,
walaupun masih ada beberapa anak yang belum mampu menghafal sesuai target,
hal ini disebabkan kurangnya minat anak, ketidakhadiran anak, anak yang malas
menghafal dan anak yang malas murajaah serta anak yang kurang pede, Sehingga
metode ini harus disesuaikan dengan minat anak.