Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21493
Title: ANALISIS METODE PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DARUL HUDA MARELAN
Authors: CHAIRANI, AMALIA
Keywords: Analisis;Metode Pembelajaran;Sejarah Kebudayaan Islam
Issue Date: 21-Sep-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang ada di MTs Darul Huda Marelan. Fokus dalam penelitian ini yaitu: membahas mengenai metode yang digunakan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Huda Marelan, apakah metode pembelajaran yang digunakan sudah tepat ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam mencari keabsahan data peneliti melakukan triangulasi sumber, pengamatan dan triangulasi metode serta peneliti juga memperpanjang kehadiran. Subjek yang digunakan adalah Kepala Madrasah Darul Huda Marelan, wakil Kepala Madrasah, Guru Sejarah Kebudayaan Islam, dan siswa kelas IX. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di sekolah MTs Darul Huda Marelan dengan salah satu guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) diperoleh informasi bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode ceramah, Tanya jawab, dan diskusi. Sehingga dalam metode pembelajaran yang seperti itu masih terkesan monoton serta membosankan bagi peserta didik. Adapun solusi yang diberikan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam yaitu biasanya guru sejarah kebudayaan sebelum memulai pembelajaran di kelas sudah terlebih dahulu mempersiapkan materi ataupun bahan yang akan dipelajari dengan cara memfotocopy atau mengeprint bahan yang akan dipelajari.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21493
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CHAIRANI AMALIA (1).pdfFull Text3.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.