Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21484
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Authors: WARDATUL, JAMILAH
Keywords: Model Pembelajaran SAVI;YouTube;Menulis Puisi
Issue Date: 4-Sep-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video YouTube terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan yang terdiri dari kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X IIS yang berjumlah 89 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 2 yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas X IIS yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 88 yang berada pada kategori sangat baik dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis Video YouTube dengan rincian siswa memperoleh nilai 80-100 sebanyak 24 orang (80%), dan yang siswa memperoleh nilai 66-79 sebanyak 6 orang (20%) oleh siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata sebesar 65,48 berada pada kategori baik yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video YouTube dengan rincian nilai 80-100 sebanyak 3 orang (9,6%), nilai 66-79 sebanyak 14 orang (45,1%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 sebanyak 8 orang (25,8%), dan siswa yang memperolah nilai 40-55 sebanyak 6 orang (19,35%) oleh siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 6,272 selanjutnya harga ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” ini dibandingkan dengan taraf signifikan ฮฑ= 5 % dengan Db= ๐‘›1 + ๐‘›2 -2 = 59 maka diperoleh ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 1,671. Demikian dapat diketahui ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu 6,272 > 1,671 maka ๐ป๐‘Ž diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video YouTube terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21484
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WARDATUL JAMILAH (1902040084).pdfFull Text5.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.