Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21484
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 |
Authors: | WARDATUL, JAMILAH |
Keywords: | Model Pembelajaran SAVI;YouTube;Menulis Puisi |
Issue Date: | 4-Sep-2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video YouTube terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan yang terdiri dari kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X IIS yang berjumlah 89 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 2 yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas X IIS yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 88 yang berada pada kategori sangat baik dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis Video YouTube dengan rincian siswa memperoleh nilai 80-100 sebanyak 24 orang (80%), dan yang siswa memperoleh nilai 66-79 sebanyak 6 orang (20%) oleh siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata sebesar 65,48 berada pada kategori baik yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video YouTube dengan rincian nilai 80-100 sebanyak 3 orang (9,6%), nilai 66-79 sebanyak 14 orang (45,1%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 sebanyak 8 orang (25,8%), dan siswa yang memperolah nilai 40-55 sebanyak 6 orang (19,35%) oleh siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ = 6,272 selanjutnya harga ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ ini dibandingkan dengan taraf signifikan ฮฑ= 5 % dengan Db= ๐1 + ๐2 -2 = 59 maka diperoleh ๐ก๐ก๐๐๐๐ = 1,671. Demikian dapat diketahui ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ > ๐ก๐ก๐๐๐๐ yaitu 6,272 > 1,671 maka ๐ป๐ diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video YouTube terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21484 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI WARDATUL JAMILAH (1902040084).pdf | Full Text | 5.33 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.