Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI
(Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video YouTube terhadap
kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan
tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas
X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan yang terdiri dari kelas X MIA 1, X MIA 2,
dan X IIS yang berjumlah 89 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 2
yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas X IIS yang berjumlah 31
siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan desain postest only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari
penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 88 yang berada pada kategori sangat
baik dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,
Visualization, Intellectualy) berbasis Video YouTube dengan rincian siswa
memperoleh nilai 80-100 sebanyak 24 orang (80%), dan yang siswa memperoleh
nilai 66-79 sebanyak 6 orang (20%) oleh siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata
sebesar 65,48 berada pada kategori baik yang diajarkan tanpa menggunakan model
pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video
YouTube dengan rincian nilai 80-100 sebanyak 3 orang (9,6%), nilai 66-79
sebanyak 14 orang (45,1%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 sebanyak 8 orang
(25,8%), dan siswa yang memperolah nilai 40-55 sebanyak 6 orang (19,35%) oleh
siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 6,272 selanjutnya harga
𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ini dibandingkan dengan taraf signifikan Ξ±= 5 % dengan Db= 𝑛1 + 𝑛2 -2 =
59 maka diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,671. Demikian dapat diketahui 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu
6,272 > 1,671 maka 𝐻𝑎 diterima dengan hipotesis ada pengaruh model
pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video
YouTube terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Islam Al
Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023.