Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21351
Title: PENGARUH BOOKLET BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENANAMAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 105387 SEI KARANG
Authors: TRISYA, ANANDA SIREGAR
Keywords: Profil Pelajar Pancasila;Problem Based Learning;Booklet
Issue Date: 26-May-2023
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi pada saat kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan bahan ajar konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengetahui pengaruhpenanaman profil pelajar pancasila sebelum menggunakan booklet berbasis model pembelajaran problem based learning kelas IV SD Negeri 105387 Sei Karang. (2) Mengetahui pengaruhpenanaman profil pelajar pancasila setelah menggunakanbooklet berbasis model pembelajaran problem based learning kelas IV SD Negeri 105387 Sei Karang. (3) Mengetahui pengaruh penanaman profil pelajar pancasila menggunakan booklet berbasis model pembelajaran problem based learning kelas IV SD Negeri 105387 Sei Karang. Model pembelajaran yang digunakan yaitu problem based learning yang melalui 4 tahapan yaitu : (1) Orientasi peserta didik kepada masalah (2) mengorganisasikan peserta didik (3) membimbing penyelidikan individu dan kelompok (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta memamerkannya (5) mengalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian ini menghasilkan (1) hasil pre-test diketahui dari 30 siswa kelas IV terdapat 4 siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase 13% dan sisanya 26 siswa memperoleh nilai di bawah KKM dengan persentase 87%, dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 25, serta nilai rata-rata sebesar 53 sehingga berkategori rendah. (2) hasil post-test diketahui dari 30 siswa kelas IV memperoleh nilai di atas KKM dengan persentase 100% dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 85, serta nilai rata rata siswa adalah 95. Sehingga berketegori meningkat (3) hasil uji hipotesis yang sudah dilakukan peneliti pada uji t perhitungannya menunjukkan pada taraf signifikan š›¼ = 0,05 diperoleh nilai Thitungnegatif yaitu -12,853 yang artinya rata rata hasil belajar siswa sebelum perlakuan lebih rendah daripada rata-rata hasil belajar setelah adanya perlakuan sehingga bernilai positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ā€œTerdapat pengaruh yang signifikan antara Booklet berbasis model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Penanaman Profil Pelajar Pancasila kelas IV SD Negeri 105387 Sei Karangā€.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21351
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR_TRISYA ANANDA SIREGAR_1902090003_UMSU.pdfFull Text6.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.