Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21333
Title: | PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI MIN 2 DELI SERDANG |
Authors: | IHWANI, PUTRI |
Keywords: | Kreativitas Belajar Siswa;Metode Role Playing |
Issue Date: | 26-Jul-2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam materi tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) sub tema 2 ( Perubahan Lingkungan) pembelajaran I dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan II siklus subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Deli Serdang. Metode pengumpulan data penelitian meliputi: Tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode Role Playing dalam sub tema 2 (Perubahan Lingkungan) telah berhasil meningkatkan kreativitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan Metode Role Playing mempengaruhi tingkat kreativitas belajar siswa, ini terbukti dengan kemampuan siswa dalam memahami materi siklus air mengalami peningkatan yaitu menjadi 83,63% dari yang semula hasil pre-test hanya sebesar 48,5% dimana siswa yang dinyatakan tuntas berjumlah 7 orang, selanjutnya pada hasil siklus I mengalamin peningkatan hanya sebesar 63,63%, dengan nilai rata-rata 68,54%, dimana siswa yang mengalamin ketuntasan hanya sebesar 14 orang. Pada siklus 2 dilakukan kembali penerapan metode role playing dan menunjukkan kemampuan siswa memahami materi siklus air meningkat dengan nilai rata-rata 83,63% dan persentase 95,45% dimana siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 21 siswa dan 1 orang tidak tuntas. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21333 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI IHWANI PUTRI_1902090019.pdf | Full Text | 7.94 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.